The Owner

My photo
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Hi! Welcome to Gristia's whole world. I'm 18, a student who majoring statistics, traveler in part time, teenager in full time. More about me? Let's be friend just contact me on my web. Enjoy ;)

Wednesday, March 9, 2016

Temajuk Trip

Temajuk adalah nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Paloh kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.
Temajuk ini disebut sebut sebagai surga di ekor kalimantan karena keindahan dari desa ini.
Temajuk juga terletak di perbatasan RI-Malaysia.
Oke itu uraian singkat seputar Temajuk.

Kemarin (11 Februari 2016) aku, fiqri, dimas, usep, anisa, yogi, izza, alwan, dan bima pergi ke destinasi ini. Menghabiskan waktu liburan smeester genap yang hanya satu bulan.
Perjalanan kami di mulai dari pontianak sekitar pukul 08.000 WIB.
Sekitar 6 jam perjalanan menuju sambas karena sempat berhenti di tepi jalan untuk berteduh karena saat itu memang sedang musim hujan. Karena sampai di sambas sore, kami memutuskan untuk menginap dirumah keluarga ku yang terletak di jantung kota sambas. Fyi, sambas ke temajuk memakan waktu dan tenaga yang ekstra jadi bagi kalian yang ingin kesana, siapkan segala nya matang matang ya!

Besok paginya kami bersiap siap untuk ke destinasi utama kami.
Yap, diantar sepupu ke jembatan kartiasa. Jalannya sangat menantang guys
Rusak parah sehingga yang pake motor harus bener bener waspada ban bocor.
Bawa motor juga gak bisa ngebut.
Lurus saja dari jembatan kartiasa sampai ketemu plang "Penyebrangan Kubung" di sebelah kanan. Nah disitu adalah penyebrangan pertama kita.

Nyantai malem di sambas sebelum besok nya siap tempur di jalan menuju temajuk wkwk

Penyebrangan

Di atas motor air buat nyebrang. Kira kira ongkos nyebrang 10ribu/motor

Setelah sampai di sekura, kita dijemput sama sani (temen kampus) yang memang lagi pulang kampung disana. Kita diantar ke tanah hitam, ke kediaman izza (temen kampus yang juga mau ke temajuk) buat numpang istirahat dirumahnya :D
Dari sambas ke paloh (tanah hitam) kira kira 3 jam.

Di depan rumah izza

Fyi, paloh ini terkenal dengan daerah mistis nya. Jadi kalo ngomong atau bertutur kata yang baik baik ya, jangan takabur ataupun berkata kotor/kasar. tetep jaga attitude di kampung orang ;)
Setelah nyampe paloh tanah hitam dan beristirahat di rumah izza, kita ngelanjutin perjalanan ke temajuk nya. Mesti ke penyebrangan dulu. Kira kira 1 jam deh dari tanah hitam menuju temajuk. Tapi kita mesti nyebrang lagi dari tanah hitam ke temajuk.

Dari penyebrangan, kirakira 40km ke temajuknya. Disana jarang banget ada pemukiman penduduk, jadi lebih baik siapkan bensin pake ken ya. Karena bensin disana mahal sekali. Lebih baik bekal bensin dari SPBU kota sambas ;)
Setelah dari penyebrangan kita akan melewati semak belukar, jalannya lumayan deh.

Ini perbatasan RI-Malaysia

Fyi, di temajuk banyak banget penginapan dengan varian harga. Kalau penginapan yang kami dapat kemarin di daerah teluk atong. 350ribu/malam 2 kamar.

Gak perlu paspor untuk bisa ke sarawak malaysia. Cukup isi buku tamu yang dijaga oleh om om TNI yang ramah ramah

Disini gak ada sinyal loh ya. Jadi pas banget buat kalian yang pengen liburan tenang tanpa gadget wkwkwk

Lokasi di Batu Nenek

Pagi hari masih pada belum mandi hahaha

ikan sardin ala ala orang malaysia XD

Ini di daerah Batu Nenek

Kebun Karet Sarawak

Ini tempat tempat yang bisa kalian kunjungi di Temajuk

Sumber: google

So, Indonesia itu indah! Yuk stop menikmati Indonesia hanya dari foto, saksikan dan rasakan langsung dengan mata sendiri :D
Dimulai dari yang deket deket aja dulu, explore kalbar misalnya hahaha

Makasih banyak buat fiqri himawan yang udah mau jadi supir setia dan udah jagain selama disana. Makasih juga buat izza yang udah nebengin rumahnya buat kita nginap. Makasih buat alwan, bima, usep, dimas, yogi, dan anisa yang udah ngeramaikan dan udah bikin suasana trip jadi seru abis. Next time lagi ya! :D